Senin, 23 Juli 2012

geladak

Geladak dalam bahasa Inggrisnya deck adalah lantai kapal, nama – nama geladak ini tergantung dari banyaknya geladak yang ada dikapal tersebut. Pada umumnya geladak yang berada dibawah sendiri dinamakan geladak dasar serta geladak yang di atas dinamakan geladak atas atau geladak utama ( main deck ) Bila antara geladak dasar dan geladak atas terdapat geladak lagi, maka geladak tersebut dinamakan geladak antara.

Konstruksi geladak

Memuat Mobil ke geladak kapal Ro-Ro

Geladak besi

Kapal-kapal besi umumnya menggunakan geladak dari plat baja, yang dilas satu dengan plat lainnya dari kedua arah. Plat baja ini bertumpu pada gading-gading (kerangka)kapal. Pada kapal Ro-Ro/penyeberangan geladak nya harus kokoh agar mampu untuk menahan beban berat kendaraan beserta muatannya.

Geladak kayu

Geladak terbuat dari papan kayu tahan air yang disusun berdampingan dan bertumpu ke gading-gading kapal. Untuk membuat geladak kedap air, celah di antara papan yang digunakan disi dengan serat tahan air dan diikat dengan tar, juga dapat menggunakan damar. Geladak kayu digunakan pada kapal-kapal pinisi, yach atau kapal kayu.

Geladak serat kaca

Bahan modern yang banyak digunakan pada kapal-kapal kecil adalah geladak yang terbuat dari kaca serat atau yang dikenal fiber glass yang mudah untuk dibuat dan ringan. Serat kaca juga digunakan untuk melapis geladak kayu agar lebih kedap air serta tahan lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar